Langsung ke konten utama

Postingan

Modul Ajar 4 Pendidikan Agama Katolik Fase E: "Beriman kepada Yesus dalam Karya, Sengsara, Wafat dan KebangkitanNya"

Salah satu kekhasan dari Kurikulum Merdeka (Kumer) adalah pembuatan modul ajar untuk aktivitas pembelajaran. Selain menyiapkan modul ajar pendidik juga tetap menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).  Modul Ajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tentu memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaannya adalah sama-sama merupakan  panduan dalam aktivitas pembelajaran. Perbedaannya adalah RPP tidak lebih sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk guru dan hanya bisa dipegang oleh guru.  RPP lebih sederhana dan singkat. Sedangkan modul ajar berisi oanduan aktivitas pembelajaran secara lengkap. Karena sifatnya yang lengkap maka modul ajar tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh guru tetapi peserta didik juga bisa menggunakannya untuk aktivitas belajar secara mandiri. gambar dari pixabay.com Jika guru berhalangan sehingga membuatnya tidak masuk kelas maka peserta didik bisa melakukan aktivitas pembelajaran secara mandiri dengan berpedoman pada modul ajar yang disiapkan oleh ...

Renungan Katolik Senin 21 Oktober 2024: Kekayaan dan Kebijaksanaan (Lukas 12: 13-21)

Berikut ini merupakan renungan harian Katolik Senin, 21 Oktober 2024 berdasarkan Injil Lukas 12: 13-21. Sebelum menyimak dan mendalami renungannya, baiklah membaca terlebih dahulu Injil dimaksud sebagai berikut:  13 Seorang dari orang banyak itu berkata kepada Yesus: "Guru, katakanlah kepada saudaraku supaya ia berbagi warisan dengan aku." 14 Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Saudara, siapakah yang telah mengangkat Aku menjadi hakim atau pengantara atas kamu?" 15 Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu." 16 Kemudian Ia mengatakan kepada mereka suatu perumpamaan, kata-Nya: "Ada seorang kaya, tanahnya berlimpah-limpah hasilnya. 17 Ia bertanya dalam hatinya: Apakah yang harus aku perbuat, sebab aku tidak mempunyai tempat di mana aku dapat menyimpan hasil tanahku. 18 Lalu katanya: Inilah yang akan aku perb...

Percikan Permenungan Hari Raya Pentakosta Minggu 19 Mei 2024

Tiga bacaan di hari Minggu Pentakosta semuanya berbicara tentang Roh Kudus.  Bacaan Pertama diambil dari Kisah Para Rasul 2: 1-11; bacaan kedua dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia 5: 16-25 dan bacaan Injil dari Yohanes 15: 26-27; 16: 12-15. Mari kita menelisik lebih dalam dan menemukan percikan permenungan dari bacaan-bacaan ini. Pertama, Roh Kudus dan Bahasa Dalam bacaan pertama, kita mendengar orang banyak yang saat itu sedang berziarah ke Yerusalem mengerti kata-kata dari mereka yang dipenuhi oleh Roh Kudus. Pada masa itu, bahasa Yunani menjadi bahasa internasional. Bisa jadi, mereka mengerti karena pemakaian bahasa umum tersebut. Namun yang pasti, mereka mendengar isi kesaksian orang-orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus itu yang berbicara tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah. Gambar: pixabay.com Kisah singkat ini mengajarkan kita bahwa Roh Kudus selalu menuntun kita untuk memakai bahasa kita dengan bijak. Apapun yang keluar dari mulut kita, hendakn...

Renungan Harian Katolik Kamis 16 Mei 2024: Doa Yesus Merangkul Semua Umat Beriman (Yoh 17: 20-26)

Penginjil Yohanes 17:20-26, menyajikan sebuah doa yang sangat mendalam dan penuh kasih dari Tuhan Yesus untuk para pengikut-Nya. Pada saat-saat menjelang penderitaan dan penyaliban-Nya, Yesus memohon kepada Bapa-Nya bukan hanya untuk para murid-Nya yang saat itu bersama-Nya, tetapi juga untuk semua orang yang akan percaya kepada-Nya melalui pemberitaan mereka. Ini adalah sebuah doa yang merangkul ssemua umat beriman, termasuk kita yang hidup di zaman ini. Mari kita coba melihat secara lebih mendalam berkaitan dengan konteks doa Yesus ini .  Kata Yesus:  Aku tidak hanya berdoa untuk mereka, tetapi juga untuk orang-orang yang percaya kepada-Ku melalui perkataan mereka, supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku" (Yohanes 17:20-21). Dari doa ini sesunggunya ada tiga hal pokok yang bisa ditelusuri, yakni kesatuan, kasih, dan kesaks...

RPP 3 Semester Ganjil Agama Katolik Kelas 12 Tentang Materi Perkawinan dalam Tradisi Gereja Katolik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen yang merinci proses pengajaran yang akan dilakukan oleh guru dalam satu pertemuan atau lebih. RPP merupakan bagian penting dari perencanaan pendidikan Agama Katolik, yang bertujuan untuk memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yakni Kurikulum 2013 (K13). RPP mencakup berbagai komponen utama, seperti tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, media dan sumber belajar, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, serta penilaian. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) yang hendak dicapai, sedangkan materi ajar disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan konteks pembelajaran. Metode pembelajaran yang dipilih dalam RPP yang dibagikan ini, mencakup ceramah, diskusi, hingga praktik langsung, sesuai dengan materi serta karakteristik peserta didik. Media dan sumber belajar yang digunakan juga beragam, berupa buku teks pelajaran agama kato...