Langsung ke konten utama

Soal Akhir Semester Genap Agama Katolik Kelas 11 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Kerjakan soal berikut secara benar dan bandingkan jawaban anda dengan kunci jawaban yang ada pada bagian akhir. Selamat belajar.

1. Dunia dilihat sebagai seluruh keluarga manusia dengan segala hal yang ada di sekelilingnya. Pandangan ini merupakan sikap Gereja ...

  • A. Populorum progressio
  • B. Gaudium et Spes
  • C. Frateli Tuti
  • D. Konsili Vatikan II
  • E. Konsili Florence

2. Tugas Gereja adalah melanjutkan karya Yesus Kristus, yaitu ...

  • A. Mewartakan Kerajaan Allah
  • B. Mewartakan pertobatan
  • C. Melapangkan jalan Tuhan
  • D. Mendirikan Gereja
  • E. Mendoakan dunia

Foto: dokumentasi pribadi

3. Ajaran Gereja mengenai hak dan kewajiban berbagai anggota masyarakat demi kebaikan bersama terangkum dalam ....

  • A. Perhatian Gereja
  • B. Kepedulian Gereja
  • C. Dogma sosial Gereja
  • D. Ajaran Sosial Gereja
  • E. Doktrin kepausan

4. Gereja dituntut untuk memperjuangkan perdamaian di dunia. Dalam perjuangan tersebut Gereja menjalankan fungsi ....

  • A. Rajawi
  • B. Imamat umum
  • C. Kenabian
  • D. Pelayanan
  • E. Pengudusan

5. Situasi kemiskinan bagi buruh yang melanda Eropa akibat terjadinya revolusi industri dengan ditemukannya mesin uap. Hal ini menjadi perhatian dan kepedulian Gereja dengan ditandai munculnya Ajaran Sosial Gereja (ASG) yang pertama kali yaitu ...

  • A. Mater et Magistra
  • B. Centesimus Annus
  • C. Rerum Novarum
  • D. Pacem in Terris
  • E. Quadragesimo anno

6. Pada tahun 1931 Paus Pius XI mengecam kapitalisme dan persaingan bebas serta komunisme.  Paus menegaskan perlunya tanggungjawab sosial dari milik pribadi dan hak-hak kaum buruh.Penegasan Paus XI tersebut terdapat dalam ajaran sosial gereja ....

  • A. Rerum Novarum
  • B. Quadragesimo Anno
  • C. Pacem in Terris
  • D. Mater et Magistra 
  • E. Populorum Progressio

7. Pada tahun 1971 Gereja melalui Sinode Para Uskup seluruh dunia menghasilkan dokumen yang menyerukan agar keadilan diusahakan di berbagai lapisan masyarakat, serta bangsa-bangsa yang miskin dan lemah. Dokumen ajaran sosial Gereja yang dimaksud adalah ....

  • A. Laborem Exerceme
  • B. Rerum Novarum
  • C. Pacem in Terris
  • D. Mater et Magistra
  • E. Octogessimo Adveniens

8. Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1987 mengangkat kembali masalah pembangunan yang mengeksploitasi orang-orang kecil dan struktur dosa yang membelenggu  masyarakat. Masalah tersebut dituangkan dalam ensiklik ....

  • A. Sollicitudo Rei Socialis
  • B. Centenssimus Annus
  • C. Populorum Progressio
  • D. Justicia et Pax
  • E. Pacem in Terris

9.  Yang meliputi Pokok-pokok penting Ajaran Sosial Gereja adalah...

  • A. Buruh, kapital, majikan
  • B. Modal, mesin, majikan
  • C. Modal, buruh, negara
  • D. Negara, majikan, buruh
  • E. Negara, modal, industri

10. Masalah besar yang dihadapi bangsa Indonesia dalam upaya untuk menciptakan masyarakat yang damai sejahtera adalah .....

  • A. Keserakahan
  • B. Kemiskinan
  • C. Kemakmuran
  • D. Kesengsaraan
  • E. Penindasan

11. Sumbangan Gereja Indonesia dalam membangun masyarakat adalah dengan menyelenggarakan ...

  • A. Koperasi simpan pinjam
  • B. Gerakan moral
  • C. Pemberdayaan masyarakat miskin
  • D. Pasar murah
  • E. Operasi pasar

12. Salah satu hambatan yang dihadapi oleh Gereja dalam membangun masyarakat yang damai dan sejahtera adalah ..

  • A. Sikap acuh tak acuh
  • B. Sikap rela berkurban
  • C. Sikap hormat terhadap sesama
  • D. Sikap penuh pengharapan kepada Allah
  • E. Sikap pamrih

13. Hak-hak yang melekat dalam diri manusia berdasarkan martabatnya sebagai manusia  adalah ...

  • A. Hak duniawi
  • B. Hak manusiawi
  • C. Hak negara
  • D. Hak asasi manusia
  • E. Hak sipil

14. Salah satu peristiwa gelap pelaksanaan HAM di Indonesia yang terjadi pada tahun 1965 adalah ...

  • A. Pembuangan tapol ke pulau Buru
  • B. Tragedi Semanggi
  • C. Kasus pembantaian di Tanjung Priok
  • D. Tragedi Santa Cruz
  • E. G30S PKI

15. Salah satu akibat terdalam karena pelanggaran HAM di Indonesia adalah 

  • A. Pembunuhan aktivis HAM
  • B. Penculikan para demonstran
  • C. Struktur masyarakat yang tidak adil
  • D. Penjulan manusia
  • E. Penindasan kepada orang miskin

16. Dalam upaya menegakkan pelaksanaan Hak Asasi Manusia di Indonesia, pemerintah membentuk ...

  • A. lembaga peradilan
  • B. Lembaga Bantuan Hukum
  • C. Indonesian Corruption Watch
  • D. Kontras
  • E. Komnas HAM

17 KWI dan hampir keseluruhan keuskupan di Indonmesia, dalam rangka upaya penegakan HAM membentuk komisi...

  • A. Keadilan dan Perdamaian
  • B. Kitab Suci
  • C. Kepemudaan
  • D. Hubungan Antar Umat Beragama
  • E. Pendidikan

18 Bentuk-bentuk penegakkan Hak Asasi Manusia di Indonesia adalah ....

  • A. Mendirikan komisi-komisi
  • B. Menegakkan supremasi hukum
  • C. Menjalin hubungan bilateral dan multilateral
  • D. Meratifikasi hukum internasional
  • E. Mengadakan penyuluhan hukum

19. Cara-cara untuk menegakkan HAM di Indonesia antara lain ....

  • A. Menyediakan bantuan hukum
  • B. Memperbanyak polisi
  • C. Menjalankan hukum dngn ketat
  • D. Menghormati martabat manusia
  • E. Menjalankan fungsi hukum

20. Keluaran 3: 7 Dan Tuhan berfirman: “Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku ditanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mererka,ya, Aku mengetahui penderitaan mereka…”Ayat kitab suci diatas menunjukan bahwa Allah sungguh berpihak pada orang miskin dan tak berdaya.karena itu hak-hak asasi pertama-tama harus diperjuangkan untuk…

  • A. Penegak hukum
  • B. Lembaga bantuan hukum
  • C. Orang miskin,lemah dan tak berdaya
  • D. Pembuat hukum
  • E. Pemerintah

21. Perhatikan kelompok berikut ini :

  • 1. Kurang beruntung
  • 2. Pendosa
  • 3. Penegak hukum
  • 4. Orang miskin
  • 5. Lembaga Bantuan Hukum  
  • 6. Orang sakit
  • 7. Tersingkir

Dari kelompok –kelompok diatas yang menjadi keberpihakan Yesus adalah….

  • A. 1, 3, 4, 6 
  • B. 1, 2, 4, 6, 7
  • C. 1, 3, 5, 7
  • D. 2, 3, 5, 7
  • E. 3, 5, 6, 7

22. Akibat terdalam dari tindak kekerasan di tanah air dalam dekade terakhir adalah ....

  • A. Diktator mayoritas
  • B. Tirani minoritas
  • C. Disintegrasi bangsa
  • D. Desentralisasi pemerintahan
  • E. Pemusatan kekuasaan

23. Contoh yang diberikan kepada kita dalam menghadapi musuh adalah ....

  • A. Mencintai musuh dengan tulus
  • B. Membenci musuh
  • C. Menghindari permusuhan
  • D. Hutang darah ganti darah
  • E. Rela berkorban

24. Salah satu sikap yang perlu dibangun untuk menghilangkan dendam adalah....

  • A. Membangun fanatisme
  • B. Kerelaan mengampuni
  • C. Kerelaan berkurban
  • D. Mengembangkan toleransi
  • E. Bersikap kritis

25. Usaha yang efektif dalam membangun budaya kasih adalah...

  • A. Berorasi
  • B. Propaganda
  • C. Acuh tak acuh
  • D. Dialog dan komunikasi
  • E. Apatis

26. Hampir semua kerusuhan berdarah di Indonesia disebabkan oleh disfungsi sejumlah institusi, terutama lembaga politik.pernyataan diatas adalah pendapat dari kelompok…

  • A. Analisis teori konflik
  • B. Analisis Fungsionalisme Struktural
  • C. Analisis konserfatif
  • D. Teori konflik
  • E. Analisis politik

27.  Dasar kasih kristiani adalah keyakinan dan kepercayaan bahwa semua orang adalah…

  • A. Putra/puri Bapa disurga
  • B. SesamA manusia
  • C. Suku bangsa yang sama
  • D. Keluarga
  • E. Keyakinan dan iman yang sama

28. Dalam 2 Kor 5:17-19 dijelaskan bahwa “Mengampuni” berarti…

  • A. Memaafkan orang
  • B. Menghilangkan dosa
  • C. Menolak dosa
  • D. Menampuni mereka yang bersalah
  • E. Berpartisipasi dalam sifat Allah sendiri

29. Puncak dari tindakan Allah melakukan Rekonsiliasi dengan manusia adalah…

  • A. Mengutus Yesus kedunia
  • B. Mujizat-mujizat Yesus
  • C. Karya pewartaan  Yesus
  • D. Sengsara dan wafat Yesus
  • E. Pembaptisan Yesus disungai Yordan

30. Melalui media massa, entah cetak  maupun elektronik, setiap hari hampir selalu diberitakan kasus pembunuhan. Hal ini menunjukkan bahwa ...

  • A. Orang tidak peduli kepada orang lain
  • B. Orang menjadi sangat egois
  • C. Pembunuhan menjadi budaya massa
  • D. Pembunuhan itu manusiawi
  • E. Hidup manusia kurang dihargai

31. Perintah kelima:”Jangan membunuh” berarti ...

  • A. Hidup adalah pengabdian
  • B. Hidup harus disyukuri
  • C. Hidup adalah anugerah Allah
  • D. Hidup harus dinikmati
  • E. Hidup berarti bernyawa

32. Ajakan firman kelima “tidak hanya “tidak membunuh orang” tetapi…

  • A. Jangan membunuh binatang
  • B. Jangan menculik orang/sesame
  • C. Jangan mengancam
  • D. Jangan membunuh diri sendiri
  • E. Jangan menghakimi sesama

33. Yesus tidak saja melarang pembunuhan, tetapi Ia juga mengajarkan kepada kita untuk menghargai dan menghormati hidup, karena menurut Yesus membunuh itu berarti ..,

  • A. Membunuh diri sendiri
  • B. Membantai seseorang tanpa belas kasihan
  • C. Tidak menghargai dan mencintai diri sendiri
  • D. Membuang sesama dari persaudaraan manusia
  • E. Membuang sesama sejauh mungkin dari hadapan diri

34. Kitab Suci Perjanjian Baru melarang pembunuhan, apapun bentuknya, dan ingin membangun .....

  • A. Sikap hormat dan kasih kepada sesama
  • B. Perkembangan diri sendiri
  • C. Sikap fanatik
  • D. Kebersamaan sosial
  • E. Gerakan moral dan keadilan

35. “Sebab Allah, Tuhan kehidupan, telah mempercayakan pelayanan mulia melestarikan hidup  kepada manusia, untuk dijalankan dengan cara yang layak baginya. Maka kehidupan sejak saat pembuahan harus dilindungi dengan sangat cermat” (GS. art. 51, 3). Makna dari kutipan ajaran Gereja tersebut di atas adalah  … ,

  • A. Gereja membela hidup bayi yang berada di dalam rahim seorang ibu
  • B. Hidup anak adalah tanggung jawab orang tua sepenuhnya, Gereja tak perlu membela  kehidupan
  • C. Gereja mengingatkan kepada setiap manusia agar menghormati hidup ini sejauh tidak     menjadi beban
  • D. Gereja memberi kepercayaan pada setiap insan untuk mengambil sikap dalam memutuskan  suatu kehidupan
  • E. Gereja mengajak setiap manusia untuk menjalankan hidupnya sesuai dengan cara yang  membahagiakan diri manusia itu sendiri

36. Perang tidak boleh dipandang sebagai sarana menegakkan kembali keadilan. Ajaran ini oleh Paus Yohanes Pulus II dirumuskan dalam ensiklik ....

  • A. Deus est Caritas
  • B. Pacem in Terris
  • C. Humanae Vitae
  • D. Dignitatis Humanae
  • E. Justicia in Mundo

37. Tindakan yang menunjukkan sikap menghargai terhadap kehidupan adalah ....

  • A. Sikap apatis
  • B. Mengembangkan pengetahuan
  • C. Membiarkan terjadi kekerasan
  • D. Menolak budaya kekerasan
  • E. Kekerasan adalah bagian dari kehidupan

38. Ajaran Sosial Gereja yang menekankan penghormatan terhadap hidup adalah ....

  • A. Humanae Vitae
  • B. Lumen Gentium
  • C. Pacem in Terris
  • D. Justicia et Pax
  • E. Populorum Progressio

39. Salah satu bentuk usaha untuk menghargai kehidupan adalah ......

  • A. Menyebarluaskan ajaran “perikemanusiaan”
  • B. Mencari kenikmatan hidup
  • C. Hidup hanya sekali maka harus dinikmati
  • D. Membangun persahabatan
  • E. Membangun persatuan

40. Salah satu akibat dari tindakan aborsi adalah ...

  • A. Mengakhiri hidup
  • B. Pelecehan martabat manusia
  • C. Kerusakan kandungan
  • D. Perendahan martabat manusia
  • E. Pelanggaran hukum

41. Di kalangan remaja saat ini sangat marak terjadi praktek aborsi. Untuk mencegah meningkatnya tindakan aborsi maka sebagai pelajar kita dapat .

  • A. menghindari seks bebas
  • B. menolak adanya pergaulan beda jenis
  • C. membatasi lingkup pergaulan perempuan
  • D. merumuskan peraturan daam pergulan
  • E. menolak penggunaan media sosial

42. Ajaran Gereja yang mengajarkan bahwa kehidupan yang ada sejak saat pembuahan harus dilindungi dengan cermat adalah 

  • A. Lumen Gentium
  • B. Gaudium et Spes
  • C. Dei Verbum
  • D. Deus et Caritas
  • E. Humanae Vitae

43. Bagi para remaja, usaha preventif untuk mencegah aborsi adalah ....

  • A. Menunda usia perkawinan
  • B. Menikah pada usia dini
  • C. Berpacaran dengan bebas
  • D. Berpacaran dengan sehat
  • E. Pergaulan bebas

44.  Bagi keluarga, usaha untuk menghindari pengguguran adalah ....

  • A. Mempunyai harta yang cukup
  • B. Menaati ajaran agama
  • C. Rajin berdoa dan beribadat
  • D. Hormat kepada pasangan hidup
  • E. Bersikap bijaksana

45. “…Sebelum aku membentuk engkau dalam rahim ibumu,Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau.Aku telah menetapkan engkau menjadi Nabi bagi bangsa-bangsa”(Yer 1:4-5).orang yang dimaksud dalam ayat suci diatas adalah…

  • A. Yesaya
  • B. Habakuk
  • C. Yeremia
  • D. Yehezkiel
  • E. Daniel

46. 1 Kor 3: 16-17 menyatakan:”... sebab Bait Allah adalah kudus dan Bait Allah itu  adalah kamu”, berarti orang dituntut untuk ...

  • A. Tubuh adalah Bait Allah
  • B. Menggunakan tubuh dengan baik
  • C. Allah menyucikan tubuh
  • D. Tubuh adalah rumah Tuhan
  • E. Menghargai tubuh

47. Bila orang lain mengambil keputusan kapan hidup seseorang akan berakhir, tindakan ini disebut ...

  • A. Compulsary euthanasia
  • B. Voluntary euthanasia
  • C. Euthanasia aktif
  • D. Euthanasia pasif
  • E. Pseudo euthanasia

48. Berikut ini adalah contoh tindakan preventif dari bahaya penyakit menular HIV/AIDS yaitu ....

  • A. membersihkan kamar mandi dan tempat penampungan air
  • B. menjaga kebersihan lingkungan disekitar sekolah
  • C. menghindari pergaulan bebas yang merusak  
  • D. menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga yang teratur
  • E. mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat

49. Dilihat dari segi caranya; Pengobatan yang sia-sia dihentikan atau sama sekali tidak dimulai,atau diberi obat penangkal sakit yang memperpendek hidup sesorang,adalah arti dari…

  • A. Euthanasia
  • B. Compulsary Euthanasia
  • C. Voluntary Euthanasia
  • D. Euthanasia aktif
  • E. Euthanasia Pasif

50. Sikap orang Kristiani terhadap orang-orang yang terlibat dalam narkoba dan HIV/AIDS adalah … ,

  • A. Memberikan nasehat
  • B. Menjauhi virusnya dan bukan orangnya
  • C. Membantu mereka keluar dari jerat narkoba 
  • D. Membiarkannya karena takut tertular virusnya
  • E. Menjauhinya selama belum menunjukkan kesembuhan

Kunci Jawaban:

1 C   11 A 21 B 31 C 41 A
2 A   12 A 22 A 32 D 42 E
3 D   13 D 23 A 33 C 43 A
4 C   14 E 24 B 34 A 44 D
5 D   15 C 25 D 35 E 45 C
6 B   16 E 26 D 36 B 46 E
7 E   17 A 27 A 37 D 47 A
8 A   18 B 28 A 38 A 48 C
9 C   19 D 29 D 39 D 49 E
10    B   20 C 30 E 40 D 50 B

Komentar

Postingan Populer

Soal US Pendidikan Agama Katolik Kelas 12 Tingkat SMA/SMK Dilengkapi Kunci Jawaban

Penulisan Soal Ujian Sekolah (US) khusus mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik diberikan kewenangan kepada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat dan bekerja sama dengan Pusat Pastoral (Puspas) di keuskupan setempat. Di setiap wilayah di Indonesia mungkin tidak demikian. Setiap guru pada satuan pendidikan diberikan kewenangan istimewa untuk menyusunnya secara mandiri. Pada kesempatan ini dibagikan salah satu contoh soal Pendidikan Agama Katolik tingkat SMA dan SMK atau sederajat. Soal-soal ini tentu akan diakses oleh guru maupun murid. Karena itu soal yang dibagikan ini bertujuan sebagai persiapan untuk menghadapi Ujian Sekolah. Soal yang dibagikan ini dilengkapi kunci jawaban pada bagian akhir. Untuk itu sangat diharapkan untuk mengerjakan soal terlebih dahulu baru membandingkan jawaban dengan kunci jawaban pada bagian akhir. A. Pilihan Ganda (Pilihlah jawaban yang paling tepat!) 1. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang unik, istimewa dan baik adanya (bdk. Kej 1:26-31). Kita wa...

Program Semester Ganjil Agama Katolik Kelas 11 Tahun Pelajaran 2022/2023

Program semester merupakan salah satu administrasi pembelajaran yang harus dikerjakan guru. Dalam program semester guru memetakan kompetensi dasar dan materi pokok yang akan diajarkan selama satu semester. Pada kesempatan ini kami akan menyajikan salah satu contoh program semester ganjil terbaru tahun pelajaran 2022/ 2023 mata pelajaran pendidikan agama katolik kelas sebelas. Sepanjang semester ganjil ada empat kompetensi dasar yang dijabarkan. Setiap Kompetensi dasar akan disebarkan ke setiap pekan efektif  pada setiap bulannya. Hal ini membutuhkan ketelitian dari bapak dan ibu guru untuk menghitung cakupan materi dalam setiap kompetensi dasar dengan banyaknya jumlah pekan efektif setiap bulannya. gambar ilustrasi dari pixabay.com Hal ini penting agar bapak dan ibu guru tidak asal menulis atau menjabarkan materinya, tetapi guru harus menyesuaikannya dengan jumlah pekan efektif untuk satu semester. Ada pun jumlah pekan efektif untuk mata pelajaran pendidikan agama katolik selama se...

Soal UAS dan Kunci Jawaban Agama katolik Kelas Sepuluh Semester Genap

Pililah huruf jawaban yang anda anggap paling tepat dan bandingkan jawaban anda dengan kunci jawaban pada bagian akhir! 1. Aliran yang percaya akan datangnya penghakiman Allah, karena dunia ini sudah jahat dan akan di gantikan oleh dunia yang baru adalah…… a. Hedonistik b. Fundamentalisme c. Apokaliptik d. Para Rabi e. Nasionalistis 2. Kereajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus  mirip dengan pandangan para rabi dapat dipahami sebagai….. a. Pembebasan Bangsa Israel dari perbudakan b. Dunia yang jahat dihancurkan-Nya dan diganti dengan dunia baru c. Semua manusia menjadi pengikut yang setia d. Allah meraja secara hukum, terutama dalam diri Yesus e. Manusia mengakui kekuasaan Allah yang meraja Foto: pexels.com 3. Ciri Kerajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus Kristus adalah……. a. Kabar tentang masa depan dunia b. Melaksanakan tindakan kasih dalam dunia c. Mengakui kekuasaan Allah dan menyerahkan diri d. Persekutuan orang-orang kudus e. Kerajaan Allah menc...